Kumpulan Contoh Soal UKDI Terbaru

1. Seorang anak laki-laki usia 7 tahun dibawa ke UGD karena kejang sejak pagi hari. Anak demam sejak 4 hari yang lalu. Saat ini anak berada dalam kondisi letargi, suhu 40°C, kaku kuduk (+). Dilakukan pungsi lumbal dengan hasil cairan cerebrospinal keruh, leukosit 4.000, gula 10, protein 150. Apakah diagnosis pasien yang paling mungkin?
a. Encephalitis
b. Meningitis tuberkulosis
c. Meningitis viral
d. Meningitis bakterial
e. Meningitis jamur

2. Laki-laki 13 tahun datang dengan keluhan nyeri tungkai bawah kanan setelah terjatuh pada saat bermain sepakbola. Pada pemeriksaan tidak terdapat deformitas, dan krepitasi.. Didapatkan nyeri tekan pada paha kanan. Nyeri memberat jika ekstrimitas bawah kanan digerakkan. Apakah terapi awal yang dilakukan untuk meredakan nyeri?
a. Kompres hangat
b. kompres dingin 20 menit
c. Dipijat
d. Digosok
e. Mobilisasi segera



3. Laki laki usia 70 tahun datang dengan keluhan sesak napas. Pasien sering bangun tidur karena sesak napas dan lebih enak menggunakan > 4 bantal saat tidur. Sesak memberat dengan aktivitas seperti naik tangga. EKG menunjukkan: LVH dan RVH. Apakah terapi awal yang harus diberikan pada pasien diatas?
a. Furosemide
b. Beta blocker
c. Ace inhibitor
d. Calcium channel blocker
e. Angiotensin receptor blocker

4. Laki laki 20 tahun datang dengan keluhan sesak napas yang memberat sejak 3 jam yang lalu sehabis kecelakaan sepeda motor. Pemeriksaan tanda vital td 120/80 n : 110 x/menit rr : 28x/menit cepat dan dangkal. Pada pemeriksaan dada terdapat luka memar dan lecet pada lateral dada kanan. Pada px fisik : terdapat perkusi redup dan suara paru yang melemah pada hemithoraks kanan. Apakah diagnosis yang tepat?


a. Edema paru
b. contusio paru
c. Hematothorax
d. Pneumothorax
e. Flail Chest

5. Seorang ibu membawa anaknya yang berusia 7 bulan periksa ke Rumah Sakit dengan keluhan perut kembung 1 minggu terakhir. Menurut ibu, anak tersebut sudah sulit untuk buang air besar sejak 6 bulan terakhir. Buang air besar biasa dibantu dengan obat pencahar. Pad pemeriksaan vital sign didapatkan normal. Pada pemeriksaan fisik ditemukan distensi abdomen, tampakan peristaltis usus di dinding abdomen, metallic sound pada auskultasi. Dilakukan pemeriksaan colok dubur, keluar feses cair, berbau dan terpancar. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada anak tersebut?
a. Konstipasi fungsional
b. Hirchsprung`s Disease
c. Ileus obstruktif
d. Ileus fungsional
e. Invaginasi

6. Pasien anak 11 tahun dengan berat badan 28 kg. Dirawat inap dengan riwayat demam dan buang air cair. Vital sign dalam batas normal. Berapa jumlah cairan rumatan yang diberikan per harinya?
a. 1660cc
b. 1760 cc
c. 1860 cc
d. 1960 cc
e. 2060 cc

7. Seorang ibu memeriksakan anaknya yang berusia 2 tahun. Sang anak tampak sembab pada wajah dan kaki, rambut kering berwarna kemerahan. Pada pemeriksaan terdapa ascites dan pitting edema. Apa diagnosis yang paling mungkin?
a. Marasmus
b. Kwarshiorkor
c. Malnutrisi
d. Kurang gizi
e. Gizi buruk

8. Seorang dokter puskesmas melalukan pengambilan data tentang perilaku hidup sehat dengan cara mensurvey langung kepada ibu-ibu rumah tangga yang berada di sekitar puskesmas. Tergolong metode pangambilan data pa yang dilakukan dokter tersebut?
a. Kuantitatif
b. Interval
c. Ratio
d. Tertier
e. Kualitatif

9. Wanita datang denga keluhan Mata kanan merah sejak 1hari yang lalu, kemeng-kemeng di sekitar mata dan mual sejak 5hari yang lalu. Visus OD 2/60, OS 6/6. OD: injeksi konjungtival (+), kornea keruh ringan, refleks cahaya menurun, palpasi terkesan peningkatan tekanan intraokuler. Apa penanganan yang paling tepat?
a. Pemberian Timolol tetes
b. Pemberian Asetasol 
c. Pemberian Kalium 
d. Pasien diobservasi
e. Mata kanan ditutup dengan kasa

10. Sebagai dokter keluarga, anda melakukan konseling pada sebuah keluarga pasien. Menurut data genometris, anak pada keluarga ini memiliki faktor risiko penyakit diabetes mellitus. Anda memberi saran kepada keluarga tersebut untuk mengatur jadwal makan dan berolahraga teratur. Apakah tindakan yang sedang dokter lakukan?
a. Membangun rapport
b. Menghubungkan keluarga
c. Promosi gaya hidup sehat
d. Penelusuran faktor risiko

11. Seorang laki-laki usia 32 tahun dibawa ke IGD setelah mengalami kecelakaan 1 jam yang lalu. Saat ini pasien berada dalam kondisi letargis, kaku kuduk (+). Pemeriksaan darah menunjukkan Hb 9, leukosit 9.600, trombosit 400.000, gula 200. Dilakukan pungsi lumbal dengan hasil cairan cerebrospinal kemerahan, leukosit 9.600, gula 120, protein 150. Apakah yang paling mungkin terjadi pada pasien ini?
a. Perdarahan subarakhnoid
b. Perdarahan intrakranial
c. Fraktur tulang belakang
d. Fraktur basis cranii
e. Fraktur mandibula

12. Seorang laki-laki 75 tahun diantar oleh pramurekti ke IGD dengan keluhan tidak bisa BAK. KU baik, oleh dokter dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan BPH lalu dokter hendak melakukan pemeriksaan penunjang radiologis. Bagaimana dokter melakukan informed consent terhadap pasien?

a. Tanpa informed consent karena bukan merupakan tindakan invasif
b. Informed consent pada pasien karena pasien sadar
c. Informed consent pada pasien dan disaksikan pramurekti langsung
d. Informed consent pada anak pasien dengan langsung menelepon
e. Informed consent pada pramurekti

13. Seorang perempuan tanpa identitas berusia 30tahun diantar ke IGD karena tidak sadarkan diri, pasien mengalami kecelakaan lalu lintas 30 menit yang lalu. Pemeriksaan GCS (E2 M4 V3). Pada kedua lubang hidung dan telinga keluar cairan berwarna merah. Pasien ingin melakukan tindakan kegawat daruratan. Apakah yang harus dilakukan dokter sebelum melakukan tindakan?
a. Meminta informed consent terlebih dahulu
b. Langsung melakukan tindakan kegawat daruratan
c. Mengabaikan asas beneficence
d. Mangabaikan asas non maleficience
e. Memegang prinsip autonomy

14. Seorang wanita 20 tahun dibawa ke UGD karena kejang beberapa kali. Pemeriksaan fisik, CM, TD 120/70, N 80, RR 20. Saat kejang badang melengkung seperti busur panah. Ditemukan kekauan di otot mengunyah dan punggung. Apa diagnosis yang tepat?
a. Meningitis
b. Enchepalitis
c. Tetanus
d. Edem serebri

15. Seorang laki2 ditemukan mati di danau, umur belum pasti diketahui. Tubuh basah dan udem. Terdapat cutis anserina pada pemeriksaan luar. Temuan apa yang mendukung dugaan:
a. Emboli jantung
b. Ptekie jantung
c. Lumpur&pasir di dalam usus
d. Udem cerebral
e. Ptekie di kulit leher
16. Pasien laki-laki 56 tahun terdiagnosis TB paru baru dengan BTA (+). Di akhir pengobatan 2 bulan pemeriksaan bekteriologi pasien BTA (+). Tata laksana pasien selanjutnya?
a. Mengganti dengan ciprofloxacin
b. Menambah injeksi streptomycin
c. Melanjutkan terapi dengan terapi fase lanjutan
d. Melanjutkan terapi dengan obat yang sama selama 1 bulan
e. Menghentikan terapi dan menunggu hasil kultur bakteri

17. Anak laki-laki usia 5 tahun datang ke puskesmas bersama ibunya karena keluhan bersin-bersin dan gatal pada hidung yang sudah dirasakan sejak 2 tahun yang lalu. Ibunya juga mengatakan bahwa jika dipanggil, anaknya tidak menyahut/menoleh dan jika tidur mulutnya terbuka. Dari pemeriksaan fisik ditemukan adanya bayangan hitam pada inferor palpebra pada kedua mata, tampak nasal bridge (kalo gak salah), (awalannya dari m.....) eminensia tampak melebar. Riwayat apakah yang perlu ditanyakan saat anamnesis
a. Kelainan jantung
b. Kelainan ginjal
c. Riwayat asma bronkial
d. Riwayat dermatitis bakterial
e. Riwayat sinusitis

18. Laki-laki usia 50 tahun dirawat di CVCU karena ACS. Kondisi pasien tidak stabil sehingga beberapak kali mendapat DC Shock. Riwayat kejang (+) selama dirawat dan hasil EKG tampak adanya irama ventrikel yang sangat cepat dan tidak teratur. Vital sign, tensi tidak terukur dan nadi tidak teraba. Apa diagnosis yang tepat untuk kasus diatas
a. Fibrilasi ventrikel
b. Asistole
c. Atrium Fibrilasi
d. Ventrikel takikardi
e. Infark miokard

19. Perempuan usia 50 tahun datang kepuskesmas dengan keluhan kuning pada mata dan kulit seluruh tubuh yang sudah dirasakan 2 minggu terakhir. Keluhan dirasakan semakin memberat. Pasien juga mengeluhkan adanya nyeri pada perut kanan atas, mual dan muntah. Selain itu, ada keluhan gatal pada seluruh tubuh. Dari anamnesis, jika kita curiga kondisi ini merupakan jaundice obstruktif, mka pertanyaan apa yang harud kita tanyakan saat anamnesis ?
a. Warna urin
b. Warna muntahan
c. Warna kulit
d. Warna BAB
e. Frekuensi BAB

20. Seorang dokter Kepala Puskesmas, dengan pegawai 2 bidan, 2 perawat, 1 sanitarian, 1 apoteker, membawahin 3 wilayah kelurahan dengan jumlah penduduk 35.000 jiwa. Masing-masing tenaga puskesmas merasa khawatir atas kasus campak yang terjadi dan beberapa kasus di antaranya dengan komplikasi pneumonia sehingga Kepala Puskesmas merencankan mengadakan program imunisasi campak secara missal. Apa yang menjadi pertimbangan Kepala Puskesmas melakukan program imunisasi campak secara missal?
a. KLB


b. Daerah endemis campak
c. Cakupan imunisasi campak yang rendah
d. Penderita campak meningkat
e. Adanya penderita campak dengan komplikasi pneumonia

21. Seorang wanita menangis mengadu ke dokter. Menurutnya suami tidak bisa member nafkah batin karena setiap kali berhubungan seksual, suami memakai celana dalam wanita sehingga tidak bisa penetrasi. Suami juga suka mencuri celana dalam tetangga. Diagnosis …
a. Transgender


b. Transvetite fetishism


c. Sadimse
d. Voyeurisme
e. Frotteurisme

22. Pasien laki-laki 32 tahun datang karena kulit menjadi kuning 2 hari setelah minum obat. Sebelumnya, pasien mengeluh batuk disertai demam yang tidak terlalu tinggi dan diberi obat oleh dokter 3 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik saat ini didapatkan temperatur 37,8oC, vital sign lain dalam batas normal. Pasien juga mengalami penurunan berat badan. Obat apakah yang mungkin menimbulkan gejala tersebut?
a. INH, pirazinamid, rifampisin
b. INH, pirazinamid, streptomisin
c. INH, pirazinamid, ethambutol
d. INH, rifampisin, streptomisin
e. INH, rifampisin, ethambutol

23. Seorang wanita berusia 25 tahun datang untuk memeriksakan TORCH. Pasien akan menikah 3 bulan lagi. Dari hasil pemeriksaan didapatkan IgM Rubella (+), IgG Rubella (-). Apakah diagnosis pasien ini?
a. Infeksi kronis Rubella
b. Reaktivasi
c. Infeksi primer Rubella
d. Infeksi sekunder Rubella
e. Riwayat terinfeksi Rubella

24. Wanita berusia 25 tahun datang ke dokter klinik swasta dengan keluhan merasa lemah, letih, lesu, dan pucat. Dari anamnesis didapatkan bahwa menstruasi pasien berlangsung lama serta banyak dalam satu tahun terakhir. Dokter menduga adanya anemia defisiensi besi akibat perdarahan kronik. Pada pemeriksaan fisik, apakah yang akan ditemukan?
a. Splenomegali
b. Kuku sendok
c. Limfadenopati
d. Sclera ikterik
e. Stomatitis

25. Penyuluhan potensial yang berjalan di puskesmas A sebesar 18% (target pencapaian seharusnya 48%). Dari penilaian terhadap manajemen program tersebut, ternyata banyak penyuluhan yang tidak berjalan dikarenakan pemilihan waktu untuk penyuluhan yang kurang tepat. Apa tindakan yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?
a. Bintek kepala puskesmas kepada petugas PKM
b. Refresing promosi kesehatan dengan petugas PKM
c. Menyusun jadwal penyuluhan bersama kepala PKM
d. Melibatkan masyarakat dalam memulai penyusunan jadwal
e. Studi banding ke PKM dengan pelaksanaan program penyuluhan potensial mencapai 100%

26. Seorang wanita 58 tahun datang ke dokter praktek karena demam sejak 2 bulan yang lalu. Demam tidak tinggi namun berlangsung terus menerus. Nyeri sendi (+) pada jari-jari tangan disertai kaku. Kaku terutama dirasakan pagi hari saat bangun tidur, dan berlangsung > 1jam. Px fisik: VS dbn. Swan neck deformity (+). Apa proses yang paling mungkin mendasari terjadinya demam pada kasus tersebut?
a. Infeksi
b. Autoimun
c. Toksemia
d. Keganasan
e. Gangguan fungsi regulasi

27. Seorang laki-laki 45 tahun datang dengan keluhan muntah-muntah sejak 3,5 bulan yang lalu. Keluhan lain yang dirasakan adalah kaki bengkak dan mata kuning. Diagnosis dari dokter adalah sirosis hepar. Hasil pemeriksaan laboratorium yang kemungkinan didapatkan adalah
a. SGOT>SGPT, albumin>globulin, bilirubin direk>bilirubin indirek
b. SGOT>SGPT, albumin>globulin, bilirubin direk<bilirubin indirek
c. SGOT>SGPT, albumin<globulin, bilirubin direk>bilirubin indirek
d. SGOT <SGPT, albumin<globulin, bilirubin direk<bilirubin indirek
e. SGOT<SGPT, albumin>globulin, bilirubin direk>bilirubin indirek

28. Seorang laki-laki 45 th, datang dg nyeri kolik di sebelah kiri, nyeri ketok pinggang kiri (+), CVA, urinalisis leukosit banyak, eritrosit 4-6/lapang pandang, riwayat asam urat. Dx?
a. Batu radio opaq
b. Batu radiolusen
c. Batu semiopak
d. Batu semilusen
e. Step ladder

29. Seorang ibu usia 28 th datang dengan keluhan mual berlebihan dan nyeri ulu hati. Saat ini sedang hamil 8minggu dan Ibu mengaku tidak ada penambahan berat badan. Edukasi makanan yang disarankan:
a. Biskuit dan roti tawar
b. biskuit dan keripik gurih
c. Biskuit dan keripik kacang
d. Singkong dan keripik gurih
e. Singkong dan keripik kacang

30. Seorang perempuan 38 tahun datang ke IGD RS dengan keluhan batuk sejak 2 bulan yang lalu. Pasien batuk berdahak dengan secret dahak kental, kuning kehijauan, dan berbau busuk sejak 2 minggu yang lalu disertai demam. Kondisi umum baik, ditemukan clubbing finger. Pmeriksaan fisik paru   perkusi redup di lapang paru kanan tengah dan RBK di lokasi tersebut. Dari pemeriksaan radiologis yang diharapkan adalah …

a. Coin lesion
b. Snow storm
c. Air fluid level
d. Honey comb appearance
e. Air bronchogram

31. Seorang laki-laki 30 tahun diantar ke IGD dengan keluhan sesak dan nyeri perut atas. Dari alloanamnesis pasien sebelumnya terjatuh ke dalam jurang dan tersangkut di dahan pohon. Pemeriksaan fisik diperoleh TD 70/80 mmHg, nadi 130 kali/menit, RR 30 kali/menit, suhu 36 C. Pasien tampak pucat, lemas, akral dingin, berkeringat dingin. Dinding perut tampak semakin distensi dan tegang daripada saat pertama kali datang ke IGD. Tatalaksanan yang tepat adalah?
a. Laparotomi eksplorasi
b. Resusitasi cairan
c. PCI
d. Injeksi adrenalin
e. Antibiotik intravena

32. Wanita 20 thn BAB cair 6-8 x/hari. Demam (+). 2 hari terakhir BAB diawali dengan nyeri perut dan BAB berbau asam dengan lendir dan darah. Pada pemeriksaan lab ditemukan kristal Charcot Leyden. Dx?
a. Giardiasis
b. Amoebiasis
c. Ascariasis
d. Balantidiasis
e. Taeniasis

33. Wanita usia muda datang keluhan dengan tidak bisa melihat, gara. 2 sering melihat orang tuanya berkelahi dalam rumah tangga, anak tersebut datang dipapah oleh bapanya tapi bisa menghindari peralatan rumah tangga, dari pemeiksaan fisik dalam batas normal. Dx saudara ?


a. Malingering
b. Somatisasi
c. Cemas
d. Depresi
e. Konversi



34. Seorang laki-laki usia 35 tahun dating ke praktek dokter dengan keluhan panas menggigil, nyeri kepala, kencing berwarna hitam. Satu bulan yang lalu pergi ke irian, hasil px di dapatkan konjungtiva anemis, splenomegaly. Px laboratorium didapatkan hemoglobin 6 mg/dl, jumlah leukosit 2000/mm3, jumlah trombosit 50,000/mm3. Apakah komplikasi yang dialami pasien tersebut?
a. Gagal ginjal akut
b. Malaria cerebral
c. Black water fever
d. Glomerulonefritis
e. Uti

35. Seorang pria usia 67 tahun datang ke UGD rs dengan keluhan mulut mendadak mencong kanan setelah bangun tidur. Riwayat kejang dan trauma kepala disangkal. Pasien memiliki riwayat hipertensi tidak terkontrol sejak 5 tahun yang lalu. Pada px didapatkan tekanan darah 190/110, temuan lain dalam batas normal. Px neurologis didapatkan paresis facialis sinistra dan hemiparesis sinistra. Apakah temuan lain yang mungkin dijumpai pada pasien?
A. Lagophtalmos sinistra
B. Hilangnya kerutan dahi sinistra
C. Disarthria
D. Hilangnya sensasi kecap
E. Gangguan salivasi

36. Seorang wanita g8p7a0, diantar bidan karena perdarahan dari jalan lahir sebanyak 1 pembalut. Sebelumnya ibu merasa nyeri tiba-tiba saat meneran.saat dilakukan px pada usia kehamilan 9 bulan didapatkan tinggi fundus 42cm ,letak kepala. Usg sebelumnya menunjukan taksiran berat janin 4300 gr. Saat ini ibu nyeri, kesakitan berat, dan pucat. Td 90/60, nyeri tekan uterus pada penekanan suprapubik, denyut jantung janin tidak terdeteksi. Penyebabnya..
A. Solusio plasenta
B. Inversi uteri
C.inersia uteri
D. Plasenta previa
E. Ruptur uteri

37.    Dokter A yang merupakan pimpinan Puskesmas saat ini melakukan program identifikasi masalah. Ditemukan di Desa B prevalensi angka kematian bayi tinggi, angka Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) juga tinggi, infrastruktur kurang dan selama 3 tahun berturut-turut tidak mencapai target UCI (Universal Child Immunization). Manakah program imunisasi tambahan yang sesui untuk penanganan masalah tersebut ?
a. Catch up campak
b.  Backlog fighting program
c.   Crash program
d.    Sub Pekan Imunisasi Nasional
e.        e. Pekan Imunisasi Nasional

38.    seorang laki-laki, usia 70 tahun, datang dengan keluhan tidak dapat makan, pasien selalu tersedak, terutama setelah minum, pasien memiliki riwayat stroke 2 minggu yang lalu. pilihan makanan untuk pasien ini adalah :?
a.       cair
b.       padat
c.        gel
d.       bubur saring
e.        nasi tim

39.    Pasien : Saya merasakan batuk-batuk dok, tetapi apa mungkin emmm.. (pasien tampak ragu-ragu)
Dokter : Baik , kalau begitu silakan naik ke meja periksa, akan saya lakukan pemeriksaan
Kalimat terakhir yang diucapkan dokter merupakan
a.       Refleksi isi
b.       Refleksi asumsi
c.        Memotong kalimat pasien
d.       Pertanyaan yang mengarahkan
e.        Pertanyaan terbuka

40.    Seorang perempuan berusia 48 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan cepat lelah yang dialami satu bulan terakhir. Keluhan disertai banyak buang air kecil dan penurunan berat badan. Diketahui anak ketiga pasien lahir dengan berat badan lebih dari 4 kg. Pada pemeriksaan laboratorium diperoleh GDS 239 mg/dL. Apakah patomekanisme penyakit pada kasus tersebut?
a.       Autoimun
b.       Resistensi insulin
c.        Defect sel beta
d.       Infeksi bakteri
e.        Infeksi virus



41.    Seorang laki-laki berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri hebat pada perut kanan atas disertsi demam. Ada riwayat diare berlendir seminggu sebelumnya dan penderita juga biasa minum air sungai yang tidak dimasak. Pada pemeriksaan fisik didapatkan hepatomegali 3 cm dibawah arkus disertai nyeri tekan. Penderita merasa nyaman pada posisi membungkus. Apa terapi yang paling tepat?
a.       Analgetik dan antivirus
b.       Antipleretik dan antibiotik
c.        Hepatoprotektor dan analgetik
d.       Antipiretik dan antivirus
e.        Antasida dan analgetik

42.    Seorang perempuan berusia 40 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan sesak napas yang dialaminya sejak kecil tapi akhir-akhir ini dirasakan makin memberat terutama jika cuaca dingin. Obat-obat yang selam ini dipakai dari pemberian seorang hali paru berupa obat gol kortikosteroid dan beta 2 agonis. Pemeriksaan fisik pada perkusi ditemukan hipersonor pada kedua dinding thoraks dan pada auskultasi ditemukan wheezing pada kedua paru.
Apakah gambaran radiologis yang dapat ditemukan?
a.       Perselubungan homogeny pada kedua hemitorax
b.       Bercak-bercak inflitrate pada kedua paru
c.        Hiperlusen avaskuler yang kasar pada kedua paru
d.       Corakan broncovascular pada kedua paru
e.        Hiperradiolusen vaskuler pada kedua paru

43.    Seorang perempuan berusia 31 tahun datang ke puskesmas ingin ke puskesmas ingin ber-KB setelah melahirkan 1 bulan yang lalu dan belum mengetahui jenis-jenis KB yang ada. Dokter melakukan konseling KB. Apakah bagian terpenting dan konseling ini?
a.       Memberi brosur tentang alat kontrasepsi untuk didiskusikan dengan suami
b.       Kenali kebutuhan kontrasepsi klien dan jelaskan hal-hal yang ingin diketahui oleh klien
c.        Mendapatkan persetujuan tindakan medic dari klien
d.       Memperkenalkan jenis-jenis kontrasepsi dan menetapkan kontrasepsi yang harus dipakai oleh klien
e.        Jelaskan efek samping alat kontrasepsi

44.Seorang laki-laki berusia 45 tahun dibawa ke puskesmas dengan keluhan penglihatan dan pendengaran semakin berkurang dan makin lama makin berat sejak 6 bulan yang lalu. Pasien juga mengeluh sering kesemutan dan kadang timbul gerakan otot yang tak terkendali. Pasien bekerja sebagai nelayan dan tinggal di desa dekat muara sungai, yang berdampingan dengan sebuah pabrik plastik besar. Beberapa tetangga pasien yang juga sudah lama berdomisili di desa tersebut, ternyata juga mengalami gejala yang sama. Apakah kemungkinan penyebab keluhan pasien ini?
a.       Arsenik
b.       Merkuri
c.        Tembaga
d.       Nikel
e.        Timah

45.    Seorang perempuan berusia 55 tahun datang ke dokter praktek umum dengan keluhan bengkak pada ibu jari kaki. Pada pemeriksaan fisik didapatkan asam urat 10 mg/dl. Apakah jenis sayuran yang harus dihindari?
a.       Kangkung
b.       Buncis
c.        Tomat
d.       Wortel
e.        Sawi

46.    Seorang perempuan berusia 56 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan utama keluar cairan dari kemaluan. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter mendiagnosis pasien tersebut dengan keganasan mulut rahim. Setelah mengetahui penyakitnya, pasien termenung sambil bertanya berulang-ulang. Apakah benar saya menderita keganasan. Apakah tindakan dokter yang tepat?
a.       Rujuk ke psikiater
b.       Tes psikologis
c.        Sarankan pasien perbanyak ibadah
d.       Sarankan pasien banyak aktivitas
e.        Konseling individu

47.    Seorang laki-laki berusia 28 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan kaki kanan membengkak. Keluhan disertai panas badan hilang timbul sejak 1bulan yang lalu. Pada pmeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg, denyut nadi 80x/i, suhu 37.20C, pemeriksaan toraks jantung dan paru dalam batas normal, abdomen hepar dan lien tidak teraba, ascites (-). Pada pemeriksaan ekstremitas kaki kanan nampak membengkak pada setengah bagian distal kruris dan kulit agak keras tidak disertai rasa nyeri tekan dan kemerahan. Perabadaan kelenjar limfe inguinal kanan membesar tanpa disertai nyeri tekan dan kemerahan. Perabaan kelenjar limfe inguinal kanan membesar tanpa disertai nyeri tekan. Apakah diagnosis yang paling mungkin?
a.       Selulitis
b.       Sindrom nefrotik
c.        Leptospirosis
d.       Elefantiasis
e.        Mixed edema

48.    Seorang laki-laki berusia 76 tahun datang ke poliklinik RS dengan keluhan sulit berkemih sejak 2 bulan yang lalu. Keluhan disertai BAK bertambah sering, pasien terbangun beberapa kali pada malam hari karena ingin BAK. BAK nyeri dan pernah mengeluarkan darah. Apakah hasil pemeriksaan colok dubur yang paling mungkin ditemukan?
a.       Teraba prostat lunak
b.       Teraba nodul prostat
c.        Teraba prostat kenyal
d.       Teraba prostat simetris
e.        Nyeri tekan pada prostat

49.    Seorang laki-laki berusia 60 tahun, dirawat di ICU selama 3 hari akibat stroke disertai penurunan kesadaran. Pasien  diberikan bantuan pernapasan melalui ventilator mekanik. Pada hari ke empat perawatan di ICU dijumpai temperatur 390C, leukosit 20.000/mm3. Pemeriksaan ronsen foto toraks dijumpai infiltrat di kedua lapangan paru. Apakah kemungkinan diagnosis?
a.       Pneumonia komunitas
b.       Pneumonia imonokompremise
c.        Pneumonia nosokomial
d.       Pneumonia atipikal
e.        Pneumonia aspirasi

50.    Seorang perempuan 35 tahun penderita diabetes melitus tipe II melahirkan seorang bayi di UGD RS. Pada saat pertus, kepala bayi sudah melewati vagina tetapi tubunya belum keluar karena bahu si bayi tersangkut pada symphisis pubis. Bayi lahir menangis spontan, tetapi tidak bisa menggerakkan ekstremitas superior kiri. Posisi ekstremitas superior kiri bagian atas dalam ekadaan adduksi dan endorotasi dan bagian bawah dalam keadaan ekstensi. Jadi ekstremitas superior kiri menggelantung disisi tubuh. Berat badan lahir 4800 gr. Apakah kelainan anatomis penyebab ekstremitas superior kiri pada bayi tersebut?
a.       Cedera truncus superior plexus brachialis
b.       Cedera truncus medius plexus brachialis
c.        Cedera truncus inferior plexus brachialis
d.       Cedera fasciulus lateralis plexus brachialis
e.        Cedera fasciulus medialis plexus brachialis

51.    Seorang laki 30 thn diantar oleh polisi ke UGD RS dengan keluhan luka bakar di pipi kanan. Pasien membawa surat permintaan visum etrepertum. Pada pemeriksaan ditemukan luka terbuka dengan tepi luka rata dan sudut luka lancip. Disekitar luka terbuka dengan tepi luka rata dan sudut luka lancip. Di sekitar luka tidak ditemukan memar. Panjang luka 7 cm, dalam luka 0,5 cm. Apakah diagnosis dan penyebab luka yang disebutkan dalam kesimpulan vixum et repertum?
a.       Luka robek karna persentuhan dgn benda tajam
b.       Luka robek karna persentuhan dengan benda tumpul
c.        Luka tusuk karna persentuhan dengan benda tajam
d.       Luka iris karna persentuhan dengan benda tumpul
e.        Luka iris karna persentuhan dengan benda tajam

52.    Setiap dokter yang melaksanakan praktek kedokteran harus memenuhi 3 standart agar terhindar dari malpraktek. Salah satunya adalah standar yg disusun oleh sarana pelayanan kesehatan dimana dokter yang bersangkutan bekerja. Apakah sebutan untuk standart tersebut?
a.       Standar pelayanan medis
b.       Standar opersional prosedur
c.        Standar kompetensi
d.       Standar profesi
e.        Standar medis

53.    Seorang perempuan 40 thn datang dgn keluhan mata kiri merah dan berair sejak 7 hari yang lalu. Pasien sudah berobat ke puskesmas tapi belum sembuh. Pada pemeriksaan didapatkan pcvi +, ulkus pada cornea yang berwarna abu abu, bulat dan terdapat creeping effect. Apakah diagnosis pasien ini?
a.       Acute serpinginous ulcer
b.       Pseudomonas aeriginosa cornea ulcer
c.        Moraxella liquefaction corneal ulcer
d.       Streptococcus corneal ulcer
e.        Staphltococcus corneal ulcer

54.    Seorang perempuan 25 thn datang ke klinik dokter keluarga dgn keluhan batuk batuk sejak 1 bln yang lalu. Pasien jg mengeluh demam khususnya waktu malam dan BB menurun. Pasien ini bekerja sebagai karyawan cafe dan pekerja seks komersial sejak 5 thn yang lalu. Salah satu pelanggannya menderita HIV aids dan telah meninggal beberapa hari yang lalu. Sebagai dokter keluarga apa yang harus dikerjakan pertama kali pa kasus ini?
a.       Memberikan pengobatan sesuai dgn gejala dan tanda yang muncul
b.       Memastikan diagnosis
c.        Merujuk ke spesialis
d.       Memberi pengobatan penyakit dgn tepat
e.        Menyarankan berhenti sebagai karyawan cafe dan pekerja seks komersial

55.    Seorang laki 30 thn datang ke UGD dengan keluhan tungkai kanan nyeri dan bengkak setelah terjatuh dari sepeda motor disertai luka terbuka. Pada pf ditemukan krepitasi dengan luka lebar disertai kerusakan jaringan yang hebat. Apakah kemungkinan diagnosa klinis pasien tersebut?
a.       Patah tulang tertutup
b.       Patang tulang terbuka
c.        Patah tulang terbuka derajat 1
d.       Patah tulang terbuka derajat 2
e.        Patah tulang terbuka derajat 3

56.    Seorang anak perempuan 1 bulan dibawa oleh ortunya ke puskesmas dengan keluhan kejang 3 kali sejak 2 jam yang lalu. Kejang terakhir berlangsung selama lebih kurang 20 menit. Riwayat sebelum kejang anak menangis terus menerus selama 2jam. Tidak ada riwayat panas sebelumnya. Pada saat tiba di puskesmas, kejang telah berhenti tetapi anak tidak menangis. Riwayat persalinan lahir spontan di bidan dan tidak pernah mendapat injeksi vitamin K saat baru lahir. Pada pemeriksaan didapatkan kesadaran somnolen, denyut nadi 140x/mnt, frekwensi napas 40x0mnt, suhu 36,5. Ubun ubun besar cembung dan tegang. Wajah tampak pucat, jantung paru dalam batas normal dan abdomen tida ada kelainan. Apakah kemungkinan diagnosis pasien ini?
a.       Neonatal seizure
b.       Kemungkinan perdarahan intrakranial
c.        Kejang demam kompleks
d.       Suspek tumor
e.        Suspek ensefalitis

57.    Seorang laki 50 thn datang ke poliklinik dengan keluhan penglihatan kabur sejak 5 tahun yang lalu penglihatan kabur semakin memberat sejak 1 bulan yang lalu. Riwayat diabetes melitus sejak 15 thn yang lalu. Riwayat konsumsi OAD rutin dan pemeriksaan gula darah puasa dan gula darah 2 jam post prandial dalam batas normal. Pemeriksaan visus mata normal. Pada funduskopi ditemukan media jernih, papil normal, retina datar, tidak ada neovaskularisasi, hard eksudat (+), dot hemorrages (+), macula edema (-), dan reflek fovea normal. Apakah diagnosis pd pasien ini?
a.       Oklusi vena sentralis retina
b.       Olusi arteri sentralis retina
c.        Pelepasan retina/retina detachment
d.       Retinopati diabeticum proliferatif
e.        Retinopati diabeticum non proliferative

58.    Seorang bayi usia 7 bulan dibawa orang tuanya ke puskesmas dgn keluhan BAB cair sebanyak 4x sejak pagi hari, tdk disertai darah atau lender. Sehari


59.    sebelumnya pasien jg dikeluhkan muntah2 sebanyak 5x sehari, namun tdak didapatkan lagi pd hari ini. Panas badan sumer2 mulai dikeluhkan hari ini. BAK terakhir 4 jam yang lalu, warna kuning tua. Pd PF didapatkan denyut nadi 110x/menit, frekuensi nafas 30x/menit, suhu 37,5, ubun2 besar cekung, mata cowong, turgor abdomen menurun. Apakah penyebab paling mungkin pd pasien ini?
a.       Rotavirus
b.       Influenza
c.        E.coli
d.       Shigella
e.        Intoleransi laktosa

60.    Seorang laki-laki berusia 63 tahun dth KPKM dengan keluhan sulit buang air kecil dan harus mengedan sejak 1 minggu disertai nyeri kepala. PF : TD 150/90 mmHg, pemeriksaan colok dubur pembesaran prostat. Apakah terapi hipertensi paling tepat:
a.       HCT
b.       Captolil
c.        Amlodipin
d.       Doksazosin
e.        Hidralazin

61.    Seorang dokter muda ingin mempelajari system pelayanan kesehatan primer di puskesmas A. Pd hari pertama dipuskesmas, ia merasa bingung krn banyak sekali program yg tercantum dalam laporan tahunan puskesmas tsb, akan tetapi saat menggali lebih jauh terdapat beberapa program yang sudah tdk terlaksana terutama program pengembangan. Kemudian kepala puskesmas menyarankan dokter muda tsb untuk mempelajari program wajib terlebih dahulu. Program manakah yg bisa ditunda untuk dipelajari oleh dokter muda tsb?
a.       Kesehatan gigi dan mulut
b.       Pencegahan penyakit menular (P2M)
c.        Promosi kesehatan
d.       Kesehatan ibu dan anak (KIA) dan keluarga berencana (KB)
e.        Balai pengobatan

62.    Seorang laki-laki berusia 64 thn datang ke poliklinik RS mata dgn keluhan mata sebelah kanan kabur. Pd pemeriksaan didapatkan VOD 3/60 conjungtiva tenang, kornea jernih, COA sedang, pupil bulat, reflex cahaya +, TIO 15 mmHg. Pd funduskopy didapatkan cup/disc ratio 0,9 dan dgn gonioskopy didapatkan sudut terbuka. Apakah pemeriksaan lain yang dianjurkan diagnosis pasien tsb?
a.       USG
b.       Refrakometry
c.        Tonometry
d.       Octopus perimetri
e.        Streak retinometry

 Cantumkan email dan berlangganan untuk mendapatkan jawaban. Terimakasih

6 Responses to "Kumpulan Contoh Soal UKDI Terbaru"