Contoh Soal UKDI Terbaru 2015 (Pilihan)

Contoh Soal UKDI Terbaru 2015

1.Laki laki 45 tahun datang ke UGD Rumah Sakit dengan keluhan pusing. Keluhan dirasakan sejak 1 minggu yang lalu disertai badan lemas dan mual muntah. Pada pemeriksaan fisik ditemukan T = 120/70, N = 88x/m, RR =16x/m, t = 36,5. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan Hb = 9,8 g/dL; WBC = 3000/mm3; Tro = 45.000; ferritin serum = 70 mg/dL dan GDA = 114. Apa kira-kira yang menyebabkan keluhan pasien di atas?
a.      Hipokalemia
b.      Hiponatremia
c.       Hipokalsemia
d.      Hipoksia
e.       Hipoventilasi

2.Laki-laki, berusia 65 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan penglihatan menurun pada mata kanan sejak 1 tahun yang lalu. Pasien juga mengeluh matanya berair dan terasa mengganjal. Tidak didapatkan riwayat keluhan mata merah sebelumnya. Pada pemeriksaan fisik ditemukan konjungtiva hiperemis, terdapat selaput berwarna putih mulai dari bagian nasal kantung mata sampai anak mata yg berwarna hitam. Ditemukan injeksi subkonjungtiva. Visus OD 2/60, OS 6/6. Pada pemeriksaan slit lamp ditemukan selaput mata mencapai 2/3 jarak dari limbus sampai tepi anak mata. Apa diagnosis kasus di atas?
a.      Pingueculitis
b.      Pterygium grade II
c.      Pseudopterygium
d.      Pterygium grade III
e.      Keratitis pungtata

3.Seorang laki-laki 30 tahun datang ke tempat praktek anda dengan keluhan nyeri pada ibu jari kaki kiri sejak 1 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal, pada inspeksi dan perabaan ibu jari kaki merah, panas dan bengkak serta ditemukan arthritid pada MTP I. Dari hasil lab didapatkan asam urat serum 9 g/dL.
Obat profilaktik apa yang dapat anda berikan kepada pasien tersebut?
a.       Asam mefenamat
b.      Paracetamol
c.       Na diklofenak
d.      Aspirin
e.       Kolkisin

4. Seorang laki-laki berusia 25 tahun datang ke klinik dengan keluhan mencret sejak 1 hari yang lalu. Mencret terus menerus dengan jumlah banyak, cair, berwarna putih keruh. Muntah (+). Pada pemeriksaan fisik tidak didapatkan nyeri perut, tenesmus, KU lemah, mata cowong dan kulit keriput. Tanda vital baik. Diagnosa anda?
a.       Disentri basiler
b.      Disentri amoeba
c.       Irritable Bowel Syndrome
d.      Kolera
e.       Intoleransi laktosa

5.Seorang laki-laki berusia 40 tahun mengeluh nyeri pada atas tumit, setelah terjatuh saat berlari dan melompat. Saat ini pasien tidak dapat berjinjit. Tindakan yang bisa dilakukan?
a.       Tenorafi
b.      Tendon graft
c.       Tendon lenghtening
d.      Transposisi tendon
e.       Tenodesis

6. Seorang laki-laki 15 tahun dengan keluhan tangan kiri sering bergerak-gerak sendiri saat tidur. Keluhan berlangsung selama 5 menit. Kadang mata bergerak ke kanan. Keluhan ini diderita sejak 2 tahun yang lalu. Muncul 1x sebulan. Pasien masih sadar dan mampu berkomunikasi dengan orang tua. Tergolong kejang apa?
a.       Partial complex seizure
b.      Simpel Partial seizure
c.       Partial secondary generalized
d.      Atonia
e.       Myoklonik

7.Pasien mengeluh adiknya merasa iri bahwa dirinya adalah seorang genius yang diciptakan untuk membantu perekonomian Indonesia. Diagnosis anda?
a.       Waham curiga dan kebesaran
b.       Skizofrenia tipe paranoid
c.       Skizoafektif
d.      Gangguan waham menetap
e.      Gangguan manic

8. Seorang wanita berusia 20 tahun dibawa ke UGD setelah kecelakaan menabrak ohon besar saat menaiki sepeda motor tanpa helm. Saat kejadian pasien pingsan dan ketika dibawa ke UGD pasien sempat berbicara tetapi tidak ingat kejadiannya. Ketika sampai di UGD pasien mulai menurun lagi kesadarannya. Dari primary survey airway bebas, breathing RR : 40x/menit, saturasi 75 %; circulation T: 90/50, N : 50x/menit, dan akral hangat kering pucat, kesadaran, pasien membuka mata ketika dipanggil, hanya bisa mengerang dan menjauhi ketika dicubit. Reflek fisiologis menurun, reflek pupil +/+, diameter 3mm/5mm. Didapatkan jejas pada hemithoraks kiri dan luka terbuka pada kepala depan dengan ukuran 3x2x2 cm. Apa kira-kira diagnosis anda?
a.       Perdarahan intraserebal
b.      Perdarahan epidural
c.       Perdarahan subdural
d.      Perdarahan intraventrikel
e.       Contussio serebri

9.Seorang wanita berusia 20 tahun dibawa ke UGD setelah kecelakaan menabrak ohon besar saat menaiki sepeda motor tanpa helm. Saat kejadian pasien pingsan dan ketika dibawa ke UGD pasien sempat berbicara tetapi tidak ingat kejadiannya. Ketika sampai di UGD pasien mulai menurun lagi kesadarannya. Dari primary survey airway bebas, breathing RR : 40x/menit, saturasi 75 %; circulation T: 90/50, N : 50x/menit, dan akral hangat kering pucat, kesadaran, pasien membuka mata ketika dipanggil, hanya bisa mengerang dan menjauhi ketika dicubit. Reflek fisiologis menurun, reflek pupil +/+, diameter 3mm/5mm. Didapatkan jejas pada hemithoraks kiri dan luka terbuka pada kepala depan dengan ukuran 3x2x2 cm.
Apa istilah yang tepat untuk menyebutkan kesadaran pasien seperti dalam ilustrasi di atas?
a.       Luccid interval
b.      Monroe Kelly
c.       Somnolen
d.      Severe Head Injury
e.       Traumatic Brain injury

10.Wanita 28 tahun ibu rumah tangga mengeluh nyeri ulu hati sejak 1 minggu yang lalu. Ibu punya 4 orang anak. Pekerjaan suami sebagai buruh bangunan. Ibu tidak rutin makan karena kondisi ekonomi keluarga (selalu mengalah ibunya yee..). dokter memberikan antasida generik. Apa prinsip moral tindakan dokter?
a.       Empati
b.      Simpati
c.       Kasihan
d.      Justice
e.       Autonomy

11. Laki-laki 35 tahun  post KLL. Nyeri dan bengkak pada siku lengan kiri. Keluhan nyeri terutama saat gerakan supinasi dan pronasi. Hasil radiologi tampak fraktur 1/3 tengah dengan angulasi anterior dan dislokasi anterior caput radius. Apa diagnosa frakturnya ?
a.       Fraktur elbow
b.      Fraktur 1/3 tengah radius
c.       Fraktur comminutive radius
d.      Fraktur galazies
e.       Fraktur radius terbuka + dislokasi anterior

12.  Laki-laki 25 tahun datang ke tempat praktek anda dengan keluhan gatal pada kedua tangan sejak 6 bulan yang lalu. Keluhan disertai rasa kering pada kedua tangan. Pemeriksaan fisik tampak kulit eritem, papul, kering, dan fisura simetris pada kedua telapak tangan. Pekerjaan pasien sebagai pembuat mebel sejak 1 tahun y.l. diagnosa anda?
a.       Dermatitis atopi
b.      Dermatitis kontak alergi
c.       Dermatitis numularis
d.      Dermatitis kontak iritan
e.       Pemfigoid bulosa

13.  Wanita 20 tahun G2P1A0 hamil 32 minggu dibawa ke UGD RS tempat anda bekerja oleh keluarganya. Pasien mengeluh demam sejak 1 minggu yang lalu. Demam tinggi terutama pada malam hari disertai menggigl dan keringat malam. Selain itu pasien juga mengeluh nyeri kepala, nyeri ulu hati, mual muntah, dan berak hitam. Pada pemeriksaan fisik ditemukan kesadaran somnolen, KU lemah, TD : 90/50, N 120x/m, RR 24x/m, dan t 39,2 C. Pada pemeriksaan lain ditemukan rhonki kasar pada kedua paru, splenomegali dan kulit dan konjuntiva pucat, sklera sedikit ikterik. Pada pemeriksaan hapusan darah ditemukan cicncin biru accloen dan banyak eritrosit rusak. Pasien baru pulang dari Papua dan tinggal disana selama 1 tahun. Apa obat yang tidak boleh diberikan pada pasien ini?
a.       Klorokuin
b.      Kina
c.       Mefloquin
d.      Primaquin
e.       Artesunat

14.  Wanita 25 tahun G2P1A0 hamil 33 minggu dibawa ke Ruang Bersalin UGD karena keluar cairan dari vagina 6 jam sebelumnya. Selain itu pasien juga demam dan sering muntah setelah kejadian tersebut. Dari pemeriksaan dalam ditemukan pembukaan 5, teraba bagian terendah janin kepal dengan UUK di depan, servix lunak dan kepala bayi berada pada hodge +1. Dari pemeriksaan janin didapatkan DJJ 12-13-12 dan punggung di sebelah kiri. Saat di ruang bersalin ibu mengeluh perutnya sakit setiap 10 menit dan merasa ingin mengedan. Sikap anda untuk menyelamatkan janin ?
a.       Misoprostol supposutoria
b.      MgSO4 20%
c.       Pasang iv line D40
d.      Seksio sesarea
e.       Oksitosin drip

15.  Seorang anak 6 tahun dibawa orang tuanya ke tempat praktek saudara dengan keluhan sesak nafas. Sesak nafas sejak 2 hari yang lalu disertai kebiruan pada bibir dan jari-jari tangan. Selain itu pasien juga tidak mau makan dan batuk berdahak. Selama ini pasien selalu mengalami sesak saat berlari-lari dan ketika bermain dan saat timbul sesak selalu mengambil posisi berjongkok. Pada pemeriksaan fisik ditemukan KU lemah, BB 12 kg, tensi 100/60, nadi 108x/m, RR 36x/m, dan t 36,7 C. Ditemukan pernafasan cuping hidung, sianosis pada bibir dan jari-jari tangan (ditemukan jari tabuh). Pada pemeriksaan paru dan jantung ditemukan wheezing ekspiratoir, suara bising pada fase sistolik grade II/6. Abdomen didapatkan BU normal, supel dan turgor kulit baik. Hb 17,8 g/dL, WBC 9000/mm3, Tro 150.000/mm3. Apa kira-kira diagnosis anda?
a.       VSD + bronkopneumonia
b.      TGA
c.       TOF
d.      PDA
e.       Bronkiolitis

16. Seorang anak berusia 3 bulan datang dengan keluhan batuk selama 3 hari. Batuk memiliki waktu yang lama sehingga sulit untuk bernapas. 2 minggu sebelumnya pasien mengeluhkan pilek disertai dengan hidung yang tersumbat.
Morfologi dari bakteri penyebab penyakit ini adalah :
a.       Kokus gram positif
b.      Kokus gram negatif
c.       Batang gram negatif
d.      Batang gram positif
e.       Batang kecil gram negatif

17. Seorang wanita berusia 55 tahun dibawa ke IGD dengan penurunan kesadaran. Sebelumnya pasien terjatuh di kamar mandi dan tidak sadar. Tekanan darah 220/140 mmHg. Tidak ditemukan adanya lateralisasi pada anggota gerak. Diagnosis yang paling mungkin adalah
a.       Stroke Hemoragik
b.      Epilepsi
c.       Ensefalopati Toksik Metabolik
d.      Ensefalopati Hipertensi
e.       –

18.Seorang anak laki-laki berusia 8 tahun datang dengan keluhan mata gatal dan berair. Pasien juga mengeluhkan silau jika terkena cahaya. Pada saat pemeriksaan didapatkan hasil bleharospasme (+), injeksi konjungtiva (+), sekret mukoid, gambaran coblestone pada konjungtiva tarsal superior.
Terapi yang diberikan pada pasien ini adalah :
a.       Antibiotik topikal
b.      Antivirus topikal
c.       Mast Cell Stabilizer
d.      Artificial Tear Drops
e.       Sikloplegik topikal


19.Seorang laki-laki 30tahun datang ke rs setelah kecelakaan lalu lintas tidak menggunakan helm dan menabrak pohon,terdapat luka di kepala dan tangan, pasien sempat pingsan saat perjalanan pasien sadar dan lupa kejadian,saat di RS pasien membuka mata saat di panggil,mengerang serta refleks fleksi saat dicubit,terdapat hematoma sekitar mata,, diagnosis yang tepat untuk keadaan pasien ini adalah

A.perdarahan intracerebral
B.perdarahal epidural
C.perdarahan subdural
D.perdarahan intraventrikular
E.kontusio cerebri

20.Seorang wanita 28tahun dengan G2P1A0 pasien datang ke rs dengan penurunan kesadaran sejam sebelumnya sempat kejang TD 150/90mmHg 100x/menit RR28x/menit, terdapat edema tungkai inferior, pemeriksaan laboratorium menunjukkan proteinuria +++
Diagnosis yang tepat untuk kasus diatas adalah

A.superimpossed eklampsia
B.Preeklampsia ringan
C.Syndroma HELLP
D.Preeklampsia berat
E.Ekslampsia

21. Seorang laki-laki 70tahun mengeluh batuk sejak 1minggu yang lalu, sebelumnya pasien menjalani pengobatan selama 6bulan dan dinyatakan sembuh.pemeriksaan fisik ditemukan rhonki (+) wheezing (-), hasil sputum BTA +...
Pengobatan yang tepat pada pasien ini adalah
A.OAT kategori 1
B.OAT kategori 2
C.OAT kategori 3
D OAT kategori 4
E.Obat lini kedua

22.Wanita 50 tahun nyeri saat buang air kecil sudah 2 hari. Susah menahan kencing dan harus mengedan saat kencing. Ttv normal. Leukosit 9000. Kreatinin 40 mg/dl ureum 0.8 mg/dl . Urinalisis erotrosit 10-20 . Leukosit penuh bakteri positive.
A. Sistisis
B.adneksitis
C.pyelonefritis akut
D.pyelonefritis kronis
E. Pid

23.Pasien 25 tahun batuk dahak 2 minggu. Sudah berobat 6 bulan dan sembuh. Ttv normal ronki positif sputum bta positif. Obat yg harus diberikan

A. Katagori 1
B. Katagori 2
C. Katagori 3
D. Kategori 4
E. Regimen lini 2



24.Wanita cepat pusing lelah puca. Ttv normal hb 8.5 g dl. Leukosit 8000. Hapusan darah hipokromik mikrositik sel pensil.
A. Anemia Def. Besi
B. Anemia Apalastik                    
C. Anemia Hemolitikk 
D. Anemia  Megaloblatik
E. Anemia Def asam folat            

25.Laki2 gemuk 60 th dtg dg keluhan sesak nafas & mempunyai riwayat PJK 10 thn yg lalu. Pmx fisik dbn. Pmx apa yg menunjang untuk melengkapi dx
a.      TG & LDL
b.      TG & HDL
c.      Kolestrol & HDL
d.      Kolestrol & LDL
e.      LDL & HDL

26.Px mengeluh sakit menjalar sampai belakang, gerinjingan pd dada kiri, menjalar pd aksila, tangankiri disertai mual&muntah. PF dan LAB normal.Doktermen unjukkantidak ada keluhan, tapi px tidak terimapenjelasandokter dan periksa ke dokter lain. Dx??
a.      Gangguanpsikotik
b.      Gangguan Somatoform
c.      GangguanDismorfik
d.      Gangguan Panic
e.      Gangguan disease

27.Ibu, mengeluh anaknya lemas dan prestasinya menurun. Nafsu makan menurun sejak 2bln, Hb 7,8 dgn eosinophilia pd pemeriksaan tinja didapatkan telur berdinding pipih. Tx??
a.       Tiabendazol
b.       Albendazol
c.       Metronidazole
d.      –
e.       –

28.Anak SD 10th kejang, kaku seluruh tubuh kemudian gerak-gerak ritmis, badan lemas, setelah sadar merasa lelah.Tidak ada kelainan neurologis, dx??
a.       Epilepsy tonik
b.       Epilepsy klonik
c.       Epilepsy tonik-klonik
d.       Epilepsy myoklonik
e.       –


29.Seorang anak laki-laki, usia 3 tahun, dibawa orang tuanya ke UGD RS dengan keluhan nyeri pada penis. Pada pemeriksaan fisik didapatkan nonretrackable preputioum. Diagnosis pada pasien ini adalah:
a. Phimosis
b. Paraphimosis
c. Hipospadia
d. Epispadia
e. –

30.Wanita hamil 32 minggu melahirkan dengan berat 1600, diagnosis
a. bayi prematur
b. cukup bulan kurang massa kehamilan
c. kurang bulan sesuai massa kehamilan
d. cukup bulan sesuai massa kehamilan
e. kurang bulan kurang massa kehamilan

31. Wanita keputihan setelah berhubungan intim dengan suaminya, sekret mukopurulen pada OUE eritem, edem,mudah berdarah. vulva dan vagina keputihan mukopurulen, diagnosis..
a. vaginitis bakterialis
b. ISK
c. candidiasis
d. sifilis

32.  Laki2 45 th datang dengan keluhan batukberdarah sejak 1 hari 5 hari sebelumnya mengeluh batuk berdahak, demam (+). pemeriksaan sputum dengan wadahtransparan didapatkan tampak sputum terlihat 3lapisan berbeda diagnosis..
a. atelektasis
b. bronkitis kronis
c. adenoma paru
d. tb
c. bronkiolitis

33.Seorang laki2 batuk 2 minggu berdahak kehijauan, demam (+), pada pemeriksaan foto rongent didapatkan gambaran sarang tawon pada paru kanan dengan perselubungan homogen pada paru kanan. diagnosis...
a. TB
b. bronkiolitis
c. pneumonia komunitas
d. atelektasis
e. –

34.Seorang wanita merasakan cemas, sulit tidur hampir setiap hari selama 6 bulan setelahditinggal pergi anaknya keluar kota, diagnosis..
a. gang. panik
b. gang. cemas menyeluruh
c. gang. somatisasi
d. gang. Hipokondriasis
e. –

35.Seorang wanita beberapa saat setelah melahirkan anaknya sering merasa sedih, menyendiri, kadang menangis, keluhan hilang setelah 2 minggu, Diagnosis..
a. depresi post partum
b. psikotik post partum
c. baby blues
d. skizofrenia
e.

36. Pasien datang frekuensi nadi normal tapi teraba lemah, suara jantung menjauh, kelainan terletak pada..
a. ventrikel kanan
b. ventrikel kiri
c. atrium kanan
d. atrium kiri
e. –

37.Pasien datang dengan keluhan luka terbuka terkena pecahan kaca di pergelangan tangan 2 jam yang lalu perdarahan aktif, TV masih dbn, apa yang harus dilakukan?
a, rujuk ke RS
b. hentikan perdarahan
c. tranfusi darah
d. infus cairan
e. –

38.Wanita korban perkosaan diperiksa untuk membuktikan pelaku perkosaan, wanita terebut sudah terlamat haid 3 minggu sebelum kejadian. pemeriksaan yang dilakukan..
a. pemeriksaan sperma OUE
b. tes HCG untuk kehamilan
c. USG kehamilan
d. –
e. –

39.Wanita hamil mual muntah,tanda2 hiper emesis gravidarum, hormon yang menyebabkan keluhan..
a. estrogen dan HCG
b. FSH dan LH
c.progesteron dan LH
d. oksitosin
e. prolaktin

40.  Laki laki demam menggigil bari datang dari timika, mikroskopis trofozoit bentuk cincin 1/6 dari eritrosit, tanpa pembesaran eritrosit, diagnosis..
a. malaria vivax
b. malaria ovale
c. malaria malarae
d. malaria palcifarum
e. –

41.Seorang wanita hamil 12 minggu datang dengan perdarahan, mules, perdarahan masih aktif, diagnosis..
a. abortus iminens
b.abortus insipien
c. abortus inkomplit
d. abortus komplit
e. –


42.Wanita hamil 34 minggu sebelum nya tidak ada riwayat hipertensi, ANC didaptkan tensi 150/100 dengan proteinuri positif (2) apa yang dilakukan..
a. rawat jalan dengan pertahankan kehamilan
b. rawat puskesmas dengan observasi
c. rawat puskesma dengan induksi persalinan
d. rujuk spesialis kandungan untuk dilakukan SC
e. –

43.Pasien jatuh dari gedung tinggi d bawa ke UGD sudah reposisi datang dengan sadar, TD rendah, N cepat diberikan bolus dektros 20cc/kgbb TD masih rendah, N masih cepat,afa peningkatan sedikit, apa yang dilakukan selanjutnya..
a. laparotomi
b. bolus dektros 20cc/kgbb
c. tranfusi darah dengan crossmatch
d. tranfusi darah dengan gol darah O negatif

44.Pasien datang post jatuh, mengeluh nyeri di lengan bawah kanan, edema, hiperemis, angulasi, pergerakan pergelangan tangan terbatas karena nyeri. Pada pemeriksaan radiologis didapatkan fraktur os radius sepertiga distal disertai displacement segmen distal ke ventral. Diagnosis?
a.       Fraktur colles
b.      Fraktur smith
c.       Fraktur montegia
d.      Fraktur galleazi
e.       Fraktur radius 1/3 distal

45.Peremppuan 28 tahun datang ke IGD dengan penurunan kesadaran sejak tadi pagi. + 1 bulan yang lalu sulit btidur dan badan terasa panas. + 3 hari demam dan batuk berdahak. Badan tampakk kurus, sejak satu tahun yang lalu pernah mendapatkan terpai yang sama namun berhenti sejak 3 bulan yang lalu. PF koma, TD 150/90, N 120 x/menit, t : 38 0C, mata menonjol, leher teraba pembesaran kelenjar tiroid difus. GDS 80 mg/dl
a.       Koma miksedema
b.      Krisis tiroid
c.       Hipertiroid subklinis
d.      Hipotiroid subklinis
e.       Koma hipoglikemia

46.Pasien perempuan 22 tahun datang ke PKM dengan keluhan nyeri perut kanan bawah, mendadak. Riwayat pp test positif. Pasien tampak lemah. Tensi 60/palpasi, HR: 120x/mnt, akral dingin. Rencana akan dirujuk ke RS terdekat untuk operasi. Tindakan yang seharusnya dilakukan?
a. Langsung rujuk
b. Lakukan pemeriksaan darah
c. Meminta keluarga pasien mencari darah
d. Pasang infus RL, tangani syok baru rujuk
e. Pasang infus darah 5% langsung rujuk

47.Anak anak dateng ke ugd dengan keluhan kejang umum sebanyak 4kali selama 10 menit.sebelumnya pasien mengalami batuk pilek selama 2 hari.demam 39,5c leukosit 30.000 dan peningkatan reflek fisiologis, diagnosis yang paling mungkin adalah?
a. kejang demam sederhana
b. kejang demam komplek
C. meningitis bakteri
d. Ensefalitis virus
E. Meningitis TB

48. Pasien wanita umur 50 tahun datang ke R dengan keluhan nyeri tulang punggung sejak kurang lebih 3 bulan. Riwayat menopause 3 tahun yang lalu, pada pemeriksaan dokter menemukan gibbus. Dari hasil foto rontgen columnavertebralis didapatkan kompresi CV Lumbal ke III-IV. Apakah diagnosis yang tepat dari kasus diatas?
a. osteoporosis senilis
b. osteoporosis primer
c. osteoporosis sekunder
d. osteoporosis tertier
e. osteoporosis idiopatik

49.Pasien wanita 40 tahun datang ke poliklinik RS dengan keluhan bercak putih kemerahan ditangan kanan. Pemeriksaan dokter didapatkan bercak putih kemerahan 4 lesi, kering, kasar, tidak berkeringat. Pada pemeriksaan status neurologis hipoaestesi. Pemeriksaan penunjang apakah yang dapat menentukan diagnosis penyakit diatas?
a. gram
b. prick test
c. giemsa
d. ZN
e. eosin yellow 1%

50.Seorang pria 45 tahun datang ke UGD dengan keluhan hidung berdarah tidak berhenti sudah 30 menit. Riwayat hipertensi sejak 5 tahun yang lalu. Riwayat keluhan serupa (+) sebelumnya, dokter melakukan pemeriksaan didapatkan asal perdarahan dari arteri sfenopalatina. Terapi yang tepat mengenai kasus diatas adalah?
a. menekan hidung bagian luar 10-15 menit
b.diberikan larutan AgNO3 25-30%
c. tampon anterior
d. tampon bellouq
e. tampon anterior+krim antibiotik

Contoh Soal UKDI Terbaru 2015

0 Response to "Contoh Soal UKDI Terbaru 2015 (Pilihan)"

Posting Komentar